MERAH PUTIH BUAH NAGA sama BAIKnya

By  SEHAT ALAMI - Herta Aryani
     Buah naga sudah banyak orang tahu dengan buah yang satu ini,buah tropis ini memang tapilannya yang aneh dan unik.kulit merah tektur kulit luarnya yang bergelombang seperti sisik naga maka banyak orang yang menyebutnya buah ini dengan buah naga.Didalamnya yang berwarna ungu dan putih yang bertabur biji hitam kecil seperti wijen atau salasih.biji buah naga bisa dikonsumsi langsung bersama daging buahnya.

    Buah Naga yang memiliki nama latin Hylocereus undatus atau dalam bahasa inggris dikenal dengan dragon fruit merupakan buah dari beebrapa jenis kaktus. Tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga adalah tanaman tahunan memiliki bunga yang berbau wangi. Buah Naga memiliki kulit buah bersayap banyak, warna kulit merah muda, berat buah 400-1.000 gram lebih. Buah mentah biasanya berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi berwarna merah.Isi buah berwarna putih, merah atau ungu dengan taburan biji-biji berwarna hitam yang juga dapat dikomsumsi. Rasa buah biasanya agak masam, banyak mengandung air, vitamin C dan karotenoid, vitamin B1,B2,B3 dan zat antioksidan. Buah naga memiliki beberapa jenis yaitu Hylocereus undatus yaitu buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih,Hylocereus polyrhizus yaitu buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah, Selenicereus megalanthus yaitu buah naga dengan kulit buah kuning dan daging buah putih,Hylocereus costaricensis, yaitu buah naga dengan warna buah yang sangat merah atau ungu. Buah naga juga dikenal memiliki khasiat abgi kesehatan tubuh terutama buah naga yang memiliki daging buah berwarna ungu.


 Kasiat Buah Naga 

 Buah Naga Warna Merah :

  1. Manfaat buah naga merah untuk kesehatan. Buah naga merahmengandung vitamin B3 yang bermanfaat bagi anda yang memiliki kadar kolestrol tinggi.
  2.  Manfaat buah naga merah untuk kecantikan, Buah ini mampu membuat wajah kita lebih cantik dan juga segar. Jus buah naga dapat digunakan sebagai masker alami wajah untuk mengatasi masalah jerawat yang timbul.
  3. Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil, Bagi anda yang tengah dalam masa hamil, mengkonsumsi buah naga merah bisa dijadikan nutrisi yang tepat. Dikarenakan buah naga merah mengandung berbagai gizi yang terkandung didalamnya, seperti mineral, zat besi, vitamin, kalsium, kalium, serat, karbohidrat dan masih banyak lagi nutrisi penting yang dapat menjaga anda dan bayi anda tetap sehat.
  4. Manfaat buah naga merah untuk bayi, Untuk menjaga buah hati anda dari berbagai serangan penyakit, buah naga mampu membantu anda untuk memperkuat sistem imun anak anda. Buah ini juga dapat membantu meningkatkan daya kerja otak si anak. Untuk bayi anda dapat membuatnya menjadi bubur atau jelly yang bisa dihaluskan agar mudah dicerna oleh sikecil.
  5. Manfaat buah naga merah untuk diet, Buah naga dapat membantu anda yang sedang dalam program diet, karena buah naga merah mengandung serat yang melimpah sehingga akan membantu mengatasi masalah pencernaan penyebab tubuh gemuk.
  6. Buah naga merah untuk kesehatan mata, Kandungan lain dari buah naga merah yang baik untuk kesehatan mata adalah karotin.
  7. Manfaat buah naga merah dalam meningkatkan metabolisme tubuh, Buah naga yang mengandung banyak protein memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa berfungsi dengan baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  8.  Mencegah diabetes militus, Manfaat buah naga merah berdasarkan kandungan gizinya, salah satunya adalah buah naga merah mampu mencegah terjadinya diabetes karena buah ini dapat membunuh sel jahat yang merupakan hasil pola hidup yang tidak sehat. Selain itu buah naga memiliki kandungan kadar gula rendah yang bisa di makan oleh orang yang memiliki diabetes.
  9. Menghambat penuaan dini, Buah naga diketahui memiliki kandungan antioksidan cukup banyak yang berguna melindungi tubuh kita dari radikal bebas sehingga menghambat proses penuaan dini.
  10. Manfaat buah naga merah untuk menurunkan kadar kolestrol, Vitamin B3 yang terkandung pada buah ini mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.
Buah Naga Warna Putih :

  1. Mencegah Kanker
    Semua orang tahu bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini sulit untuk disembuhkan tidak hanya itu saja biaya pengobatan untuk penderita kanker sangatlah mahal.
    Oleh karena itu kita dapat melakukannya pencegahan dengan sering mengkonsumsi buah naga. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah naga terbukti ampuh untuk mengurangi resiko penyakit kanker didalam tubuh manusia.
  1. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus Buah naga banyak sekali mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat menetralisir kadar gula didarah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko penderita diabetes dapat diatasi. Bagi anda yang memiliki keturunan diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga ini agar resiko anda terkena penyakit ini semakin kecil.
  1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung Sama seperti halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu sebaiknya kita mencegah dari pada harus mengobati. Kandungan yang terdapat pada buah naga dipercaya mengurangi resiko serangan jantung pada manusia.
  1. Menjaga Kesehatan Tulang
    Apabila anda ingin mencari alternatif selain susu sebagai pemasok utama kalsium, anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin.
    Menurut FAO (Badan PBB yang mengurusi dilapangan), kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga cukup tinggi. Dengan menjaga kekuatan tulang merupakan suatu langka awal untuk anda mengurangi terkena resiko osteoporosis dan permasalahan tulang lainnya.
  1. Menjaga Kesehatan Mata.
    Khasiat pada buah naga dari kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda dapat mencampurkan nya dengan wortel jika anda mulai bosan dengan menu hanya itu-itu saja.
    Bila sebelumnya anda menggantikan nya dengan jus buah naga yang notabennya lebih enak daripada jus wortel. Biasakan rutin untuk mengkonsumsi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih
  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh done
    Bila anda menginginkan badan tidak mudah sakit, selain dengan ber olahraga dan istirahat yang cukup tentu anda perlu memilih pasokan makanan yang baik dan memiliki kandungan gizi yang cukup.
    Kandungan vitamin C, potassium dan protein dalam buah naga bermanfaat menambah kekebalan tubuh dari serangan penyakit, dan apabila anda seorang
    Sebenarnya manfaat dari buah naga masih banyak lagi yang belum bisa dibahas disini, Hal ini karena buah naga memang dikenal dengan buah seribu manfaat.
    Beberapa manfaat tersebut tentu diperoleh dari mengkonsumsinya secara rutin. Cara mudah untuk mengkonsumsi buah naga ialah dengan dibuat sebagai jus buah naga.
    Jangan menggunakan gula biasa karena kalorinya yang tinggi bisa memicu diabetes yang membuat kadar gula dalam darah anda naik.

    Dari kedua jenis buah naga ada kesamaan dalam manfaat buat pencagahan penyakit,baik merah atau putih.untuk efek samping belum ada penelitian bahwa dengan mengkomsumsi buah naga ada efek sempingnya.

    GIZI 

    Kandungan lemak dan Kalori buah naga

    Satu porsi buah naga 100 g mengandung sekitar 10 kalori, meskipun jenis tertentu bisa mengandung antara 150-600 g. Biji buah naga yang berwarna hitam dan kecil-kecil ini meskipun ikut dimakan, tapi tidak akan dicerna. Setiap porsi buah naga memberikan 0,9 g serat, tetapi kita masih perlu untuk menambah kebutuhan serat lebih itu untuk memenuhi kebutuhan harian- tubuh memerlukan serat dalam makanan hingga 25 hingga 38 g perhari. Buah naga juga menyediakan protein, yaitu sebesar 0,09g, namun itu jumlah yang sangat sedikit dari total kebutuhan setiap hari. Satu porsi buah naga juga mengandung sekitar 0,6 g lemak.

    Kandungan Vitamin buah naga

    Buah naga merupakan sumber vitamin C tinggi, yaitu hingga 10 sampai 12 persen dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dalam buah naga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah naga juga mengandung vitamin B-1, B-2 dan B-3, dimana merupakan vitamin esensial yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin B-1 berguna untuk menghasilkan energi dan memetabolisme karbohidrat, sedangkan vitamin B-2 bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B-3 dalam buah naga akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan meningkatkan kesehatan kulit.

    Kandungan Mineral buah naga

    Perporsi buah naga juga menawarkan 8,8 persen kalsium yang kita butuhkan setiap hari, sehingga membuat buah naga menjadi pilihan yang baik untuk ketahanan tulang dan gigi. Buah naga juga mengandung zat besi, yaitu sekitar 3,6 persen dari jumlah zat besi yang dibutuhkan Wanita setiap hari – dan untuk Pria adalah 8,1 persen dari total kebutuhan harian. 1 Buah naga menyediakan riboflavin, niasin dan fosfor dalam jumlah yang lebih kecil.

    Kandungan senyawa Antioksidan buah naga

    Makan buah naga juga bisa dikatakan akan meningkatkan asupan antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Jerman jurnal medis pada bulan September sampai Oktober 2007  “Zeitschrift fur Naturforschung” meneliti zat yang memberikan warna ungu pada buah naga, dan menemukan kandungan senyawa antioksidan seperti betalains, fenolat, asam galat dan betacyanin. Zat tersebut merupakan Antioksidan yang dapat  mencegah kerusakan kulit dan organ tubuh karena sebab radikal bebas, dan buah naga juga dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyakit.

    Manfaat lain buah naga

    Dengan meningkatnya popularitas makanan organik dan alami, buah naga mungkin bisa menjadi alternatif sebagai pewarna makanan merah non kimia. Meskipun bit seringkali dipakai untuk memberikan warna merah makanan, namun rasa buah bit yang kuat dapat mengalahkan rasa pada makanan. Senyawa Betalain, yaitu sejenis zat antioksidan yang membuat warna merah pada buah naga adalah pilihan yang baik sebagai pewarna merah untuk makanan,  karena pada umumnya tidak akan mempengaruhi rasa pada makanan.